Rabu, 03 Mei 2017

Opini Pembahasan Materi Etika Bisnis ke-2



Stakeholders Dalam Etika Bisnis
Stakeholders sebagai segenap pihak yang terkait dengan isu dan permasalahan yang sedang diangkat. Misalnya bilamana isu periklanan, maka stakeholder dalam hal ini adalah pihak-pihak yang terkait dalam isu periklanan, seperti nelayan, masyarakat pesisir, pemilik kapal, anak buah kapal, pedagang ikan ,pengelah ikan, pembudidaya ikan, pemerintah, pihak swasta dibidang periklanan, dan sebagainya. Stakeholder dalam hal ini juga dinamakan pemangkun kepentingan.
Stakeholder menurut definisinya adalah kelompok atau individu yang dukunganya diperlukan demi kesejahteraan dan kelangsungan hidup organisasi. Clarkson membagi stakeholder menjadi dua : Stakeholder primer dan stakeholder sekunder.

Etika Dalam Pasar Kompetitif
Pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Pada pasar persaingan sempurna terdapat persaingan yang ketat karena setiap penjual dalam satu wilayah menjual barang dagangannya yang sifatnya homogen. Harga pada pasar persaingan sempurna relatif sama dengan para pesaing usaha lainnya. Konsumen tentu akan memilih produsen yang dinilai mampu memberikan kepuasan.
Karakteristik Budaya Organisasi
Adanya budaya organisasi sesungghnya tumbuh karena diciptakan dan di kembangkan oleh individu individu yang bekerja dalam suatu organisasi, dan diterima sebagai nilai nilai yan harus dipertahankan dan diturunkan kepada setiap anggota baru. Nilai nilai tersebutdigunakan sebagai pedoman bagi setiap anggota selama mereka beada dalam lingkungan organisasi tersebut,dan dapat dianggap sebagaiciri khas yang membedakan sebuah organerisasi dengan organisasi lainnya.
Menurut Antonius dan Antonina mengatakan mengenai karakteristik dan dimensi nilai yang terkandung dalam budaya organisasi yaitu:
a.      Orientasi hasil,
b.      Orientasi orang,
c.       Orienasi tim,
d.      Keagresifias,
e.      Kemantapan atau stabilitas,
f.        Inovasi dan keberanian menggambil resiko,
g.      Perhatian pada hal-hal yang lebih rinci,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar