Kamis, 30 Oktober 2014

Tugas 5 ( TES FORMATIF I & II )


TES FORMATIF I


1.      Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah :
a.      Mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah-masalah budaya, sehingga daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya manusia dapat menjadi lebih halus dan manusiawi.
2.      Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar didefinisikan sebagai :
b.      Usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
3.      Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar, para mahasiswa diharapkan dapat menemukan:
d.      Berbagai sikap, nilai, harga diri dan sifat kemanusian yang sangat bermanfaat untuk memperdalam dan memperluas persepsi, tanggapan, wawasan dan penalaran sehingga mampu memperluas budi nurani.
4.      Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu komponen MKDU yang secara khusus bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana Indonesia dengan kualifikasi, seperti :
a.      Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional sebagai sarjana Indonesia.
5.      Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa :
a.      The Humanities berkaitan dengan nilai-nilai, yaitu manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya.
6.      The Humanities dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup disiplin :
a.      Seni dan filsafat
7.      Masalah budaya adalah :
b.      Masalah mengenai perubahan sitem nilai budaya
8.      Masalah kemanusian adalah :
b.      Masalah mengenai akibat negative dari perubahan system nilai budaya.
9.      Manilik dua masalah pokok yang dapat dikaji dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar Nampak dengan
jelas bahwa :
c.       Manusia mempunyai hubungan yang serasi dengan alam sekitarnya.
10.  Dengan tujuan sebagaimana tercantum dalam nomor 1 di atas, maka setiap mahasiswa diharapkan dapat:
a.      Lebih mengerti dan menghayati akan arti dan makna cinta kasih sesamanya.
11.  Ilmu Budaya Dasar (9IBD) digolongkan ke dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang pada dasarnya merupakan mata kuliah …...di perguruan tinggi, negeri dan swasta.
a.      Wajib
12.  Materi yang diajarkan oleh mata kuliah IBD yang pokok adalah tentang :
b.      Manusia dan kebudayaannya
13.  The Humanities berusaha untuk memanusiawikan manusia, maksudnya adalah :
b.      Manusia itumengerti dan memahami budaya yang melingkupinya
14.  Salah satu pokok bahasan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian IBD, adalah
a.      Aspek kehidupan yang terkait dengan kemanusiaan dan budaya
15.  IBD dapat digolongkan (merupakan bagian dari ) dalam ilmu pengetahuan :
c.       Budaya( the humanities )
TES FORMATIF II
1.      Sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna manusia dilengkapi oleh penciptanya dengan akal, perasaan dan kehendak yang terdapat didalam jiwa manusia. Daya rasa (perasaan) di dalam diri manusia itu ada dua macam, yaitu :
d.      Perasaan inderawi dan perasaan rohani
2.      Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia, seperti dibawah ini, kecuali :
c.       Perasaan takut
3.      Seseorang merasa senang atau puas apabila ia dapat mengetahui sesuatu, sebaliknya tidak senang atau tidak puas apabila ia tidak berhasil mengetahui sesuatu. Hal ini berkaitan denga perasaan luhur yang terdapat pada manusia yaitu :
b.      Perasaan estis
4.      Seorang merasa senang apabila ia melihat atau mendengar sesuatu yang indah, sebaliknya timbul perasaan kesal apabila tidak indah. Hal ini berkaitan dengan perasaan luhur yang terdapat pada manusia yaitu :
b.      Perasaan estetis
5.      Apabila seseorang memiliki kelebihan pada dirinya, ia merasa tinggi, angkuh dan sombong, sebaliknya apabila ada kekurangan pada dirinya ia merasa rendah diri. Hal ini berkaitan dengan perasaan luhur yang terdapat pada manusia yaitu :
a.      Perasaan diri
6.      Pengertian kebudayaan meliputi bidang yang seluas-luasnya seolah-olah tidak ada batasnya. Secara praktis kebudayaan adalah :
a.      System nilai dan gagasan utama
7.      Hakekat kebudayaan terwujud dalam tiga system kebudayaan yaitu :
b.      System teknologi, system ideology dan system social
8.      Sistem ideologi meliputi :
d.      Etika, norma, adat istiadat, peraturan hukum
9.      Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hokum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Merupakan definisi kebudayaan menurut :
a.      E.B.Tylor
10.  Menurut Selo Sumarjan, kebudayaan adalah :
a.      Semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat
11.  Menurut Mslville J. Herkovits ada empat unsure dalam kebudayaan, yaitu :
a.      Alat-alat teknooologi, system ekonomi, keluarga dan kekuatan politik
12.  Culture Universal menurut C. Kluckhon yaitu :
a.      Sistem religi, organisasi kemasyarakatan, system ilmu pengetahuan. System mata pencaharian hidup dan system ekonomi, system teknolohi dan peralatan, bahasa, kesenian
13.  Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan yang luhur sadar, bahwa diatas kekuatan dirinya terdapat keukuatan lain yang maha besar. Sehingga manusia takut, dan menyembahnya. Adalah salah satu unsure kebudayaan yang merupakan produk manusia sebagai :
b.      Homo religious
14.  Bersumber dari pemikirannya yang cerdas dan dibantu dengan tangannya yang dapat memegang sesuatu dengn erat, manusia dapat membuat dan mempergunakan alat. Dengan alat-alat ciptaannya itulah manusia dapat lebih mampu mencukupikehidupannya dari pada binatang. Adalah salah satu unsure kebudayaan yang merupakan produkmanusia sebagai :
a. homo aesteticus
15.  Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai tiga wujud yaitu :
b.      Kompleks gagasan, kompleks aktivitas dan wujud sebagai benda
16.  Semua unsur kebudayaan dapat dipandang dari sudut ketiga wujud masing-masing. Kompleks gagasan dari system religi adalah :
a.      Pemikiran tentang Tuhan, tentang sorga dan neraka
17.  Kompleks aktivitas dari sitem ekonomi adalah :
c.       Kegiatan jual beli
18.  Wujud sebagai benda dari sistem kesenian adalah :
b.      Barang-barang hasi seni seperti, ukiran, ukisan
19.  Cultural universal dapat dijabarkan menjadi bagian yang lebih kecil. Misalnya cultural universal dari pencarian hidup ekonomi, anatar lain mencakup kegiatan seperti pertanian, pertenakan, perdagangan. Bagian yang lebih kecil itu disebut :
b.      Trait
20.  Trait-compleks dari kegiatan pertanian adalah seperrti dibawah ini, kecuali :
d.      Alat bajak
21.  Dalam bahasa Inggris kebudayaan disebut culture berasal dari kata colere dalam bahasa Yunani berarti:
a.      Mengerjakan tanah
22.  Kebudayaan antara lain berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi perketinya, ini pengertian kebudayaan menurut:
c.       Koentjaraningrat
23.  Bila kebudayaan asli cukup kuat, pengaruh kebudayaan luar lemah maka:
a.      Kebudayaan asli tetap bertahan
24.  Konsekwensi Indonesia yang terletak pada posisi silang terhadap kebudayaan adalah :
a.      Menghilangkan kebudayaan asli
25.  Yang tidak termasukwujud kebudayaan badaniah (material) dibawah ini adalah:
b.      Bersifat lebih abstrak
26.  Kesenian adalah hasil manusia sebagai:
a.      Homo aesteticus
27.  Pencampuran antara dua atau lebih kebudayaan, tetapi unsure-unsur kebudayaan yang tercampurkan masih nampak ini disebut:
b.      Akulturasi
28.  Membentuk kebudayaan nasional dengan jalan menghilangkan kebudayaan suku bangsa suatu hal yang tidak mungkin dilakukan, dan hal ini bertentangan dengan semboyan:
c.       Bhineka tunggal ika
29.  Bahasa Indonesia makin membudaya dalam kalbu bangsa Indonesia dal demikian dimungkinkan dengan adanya saran komunikasi yang cukup baik dan efektif seperti dibawah ini,kecuali:
a.      Penerangan masuk desa
30.  Mewujudkan kebudayaan nasional melalui sosialisasi nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan seperti :
b. Melaksanakan pertujukan-pertujukan
31.  Manusia dinyatakan mempunyai tiga taraf dalam kehidupannya, yaitu:
d. karya
32.  Francis L.K Hsu, seorang ahli psikologi AS keturunan Cina, dalam tulisannya Psychological Homeostatis mengemukakan bahwa jiwa manusia dapat kita bagi menjadi 8 daerah, yang menunjkkan tingkat kesadaran terhadap diri dan lingkungan. Jika diringkas maka 8 daerah tersebut dapat dibagi 3 yaitu :
1.      Daerah subconcius atau unconsiud : daerah tak/sub sadar
2.      Daerah conscious : daerah sadar
3.      Daerah supra conscious : daerah supra-sadar (supra natural)
Dengan berdasarkan pada pembagian menjadi tiga bagian tersebut, maka tingkah laku kita sehari-hari akanlebihj banyak terjadi pada daerah :
c.       Dua
33.  Dengan berdasar pada fakta yang diyakini bahwa manusia pertamayang dicipta Tuhan menyanggupi untuk mengemban misi Tuhan di dunia ini, maka :
d. a,b dan c benar
34.  Herkovits dan Malinowski merupakan dua orang ahli antropologi yang menganut pandangan cultural determinan yang beranggapan bahwa :
c.       Kebudayaan yang dimiliki masyarakat menentukan hal-hal pokok saja dalam masyarakat tersebut
35.  Jika dikaji dari asal kata bahasa sansekerta, kebudayaan itu
a.      Berasal dari kata budhayah yang berarti akal atau budi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar